Konsultasi: tawaran pindah perusahaan. Dari Lestari untuk Nanang

oleh | 7 March 2009 | 0 Komentar

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan besar dan ternama tapi karir saya kurang berkembang, saat ini ada seorang teman yg menawari untuk bergabung di perusahaan lain yg sedang membuka cabang baru di daerah sedangkan perusahaan ini adalah perusahaan pendatang baru dan perusahaan kecil milik perseorangan

Mohon saran dan pertimbangan menurut anda apakah tawaran pekerjaan itu diterima atau ditolak..?…atas bantuanya saya ucapkan banyak terima kasih

 

Dear Nanang,

Situasi yang sedang Anda alami memang biasanya menjadi sebuah pilihan yang tidak mudah. Namun perlu diingat bahwa membandingkan diri bekerja di sebuah perusahaan besar dan ternama, serta menjadi karyawan di sebuah perusahaan baru dan kecil, adalah dua hal yang berbeda.

Ketika Anda merasakan karir Anda kurang berkembang, kira-kira disebabkan oleh faktor apa? Karena posisi level di atas Anda akan diperebutkan banyak orang? Kalau ini yang jadi masalah berarti Anda masih bisa berkembang.

Atau karena sejak awal pihak perusahaan sudah menyampaikan secara terbuka tidak ada “karir” di bagian Anda? Kalau ini yang terjadi maka memang Anda harus menyiapkan diri untuk mencari peluang dan tantangan karir lainnya. Bisa dengan Anda mencari karir di perusahaan lain, tapi juga bukan berarti keluar dari perusahaan tersebut.

Perusahaan besar biasanya memungkinkan karyawannya berpindah sektor atau bagian, bila dibutuhkan. Hal-hal seperti ini memang perlu dicermati agar Anda tidak semata-mata patah semangat dan kurang optimis dengan posisi Anda saat ini.

Soal penawaran dari perusahaan baru di daerah, ini adalah persoalan lain. Tentu saja peluang dan tantangan bekerja di sebuah perusahaan baru berarti Anda menjadi salah satu pioneer (pembuka jalur), dan Anda bisa ikut menentukan dan mengembangkan aturan dan sistem yang ada. Dengan catatan, walaupun Anda pernah bekerja di perusahaan besar dan ternama, jangan serta merta menyamakan cara kerja yang ada di dua tempat kerja ini. Jangan pula memaksakan ide-ide Anda yang terlalu “wah” pada perusahaan baru tersebut.

Hal lain yang perlu dicermati adalah persoalan perusahaan kecil itu milik perorangan (perusahaan keluarga), bisa saja memiliki beragam efek bagi tempat kerja tersebut, misalnya sang pemilik kurang profesional, terlalu ikut campur untuk urusan detil, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, kelebihan utama Anda bekerja di sebuah perusahaan kecil, biasanya Anda akan belajar banyak untuk berbagai bidang, Anda akan dituntut berkemampuan beragam, multi skill (baca artikel KK: “Ikan Kecil di Kolam Kecil”, red.).

Pengalaman memiliki kemampuan beragam ini nantinya akan membawa Anda menjadi orang yang berkualitas dan bijaksana, di manapun nantinya Anda berkarya. Selamat melakukan pilihan yang paling tepat dan bijaksana untuk Anda. Semoga sukses selalu.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.