Mengenal Generasi Kerja Baby Boomer dan Keteladanannya

oleh | 3 July 2020 | 0 Komentar

Setiap generasi kerja memiliki ciri khas masing-masing. Anda tentu sering mendengar bahwa relasi kerja orang dulu dengan anak muda saat kini sangat berbeda. Hal ini karena memang mereka lahir di periode yang berbeda di mana kondisi lingkungan, pola asuh, dan kemajuan teknologi yang berkembang juga berbeda.

Generasi oma opa yang ada saat ini dikenal dengan generasi baby boomers. Mereka adalah orang yang lahir di era 1940an sampai 1960an.

Ciri-Ciri Generasi Baby Boomers

Generasi Baby Boomers adalah mereka yang lahir di masa – masa perjuangan kemerdekaan dan perang yang telah usai sehingga mengalami masa menata kehidupan bernegara.

Mereka memiliki ciri-ciri mandiri dan tidak tergantung pada orangtua. Mereka masih memegang teguh adat istiadat sehingga terkesan kolot tetapi sangat matang ketika mengambil keputusan karena pengalaman hidup yang pernah dilalui.

Generasi Baby Boomers cenderung kurang senang menerima kritik. Pengakuan dari lingkungan dan uang menjadi target mereka. Gengsi biasanya juga menjadi prioritas dalam kehidupan sosial. Karena masih memegang teguh hal-hal formal, cara wawancara kerja dan membuat CV ala baby boomers masih terkesan kaku.

Keteladanan Dari Generasi Baby Boomers

Walaupun terkesan kaku dan kolot, generasi baby boomers rela bekerja keras demi keluarga. Selain itu, generasi ini juga memiliki dedikasi dan loyalitas dalam bekerja. Mereka juga sangat perhatian terhadap keturunannya dan tidak ingin anak-anaknya kelak merasakan kesulitan yang pernah dirasakan pada saat masa kemerdekaan.

Oleh sebab itu, penghasilan mereka cenderung digunakan untuk membeli rumah, tanah, kendaraan, dan sisanya ditabung untuk warisan anak-anaknya.

Saat ini generasi Baby Boomers sudah berusia 50an atau sudah memasuki masa pensiun sehingga sudah banyak yang menyelesaikan karir atau pekerjaannya dan menikmati masa pensiun. Namun bagi mereka yang masih aktif di perusahaan, biasanya mereka dipercaya untuk menjabat posisi tertentu yang penting.

Selain itu, ada pula yang masih aktif menjadikan potensi atau bakat yang dimiliki sebagai hobi. Para generasi X dan Y dapat belajar banyak hal positif dari generasi baby boomers untuk lebih bertanggung jawab dan memiliki loyalitas terhadap sesuatu.

 

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.