Ubah Mindset. Cara Generasi X Bekerjasama dengan Generasi Milenial

oleh | 20 March 2020 | 0 Komentar

Untuk Anda, generasi yang lahir sebelum generasi milenial lahir, Anda tentu membutuhkan penyesuaian diri agar bisa beradaptasi di dunia mereka.  Anda menjadi tamu dan untuk masuk ke dalam zamannya generasi millennial di dunia kerja dibutuhkan cara pandang tersendiri.

Adaptasi mutlak diperlukan agar dapat bekerjasama dengan cara kerja generasi milenial. Saat ini generasi tersebut menjadi angkatan kerja terbesar di Indonesia. Jadi, generasi sebelumnya yang perlu menerapkan taktik tersendiri supaya bisa bekerjasama dengan mereka.

Kemajuan zaman membuat kita yang mengalami zaman yang ‘belum maju’ mau tidak mau harus mengikuti arus perkembangannya. Jika kita tetap memaksakan diri untuk hidup sebagaimana di zaman kita, maka kita sendiri yang akan merasa asing karena sebagian besar kondisi sudah berubah, yang mau tidak mau menuntut kita untuk juga berubah.

Bila Anda termasuk generasi X, coba mulai dengan mengubah mindset. Dengan mindset baru, maka menjadi lebih mudah untuk Anda menemukan cara menyesuaikan kepemimpinan dengan generasi millennial.

Pahami bagaimana dunia bekerja saat ini.  Bagaimana perbedaannya dengan masa-masa Anda dulu saat memasuki dunia kerja.  Dengan menyadari perubahan tersebut, Anda tentu terdorong untuk berubah. Anda juga tidak perlu berubah total, karena secara pengalaman dan masa kerja Anda memiliki kelebihan dibandingkan generasi milenial.

Kemampuan memahami setiap konteks dan keahlian teknis yang sudah terasah membuat Anda lebih unggul dalam pengalaman kerja.  Namun, Anda perlu memahami bahwa dunia menjadi serba cepat sehingga menuntut cara kerja yang dinamis.

Paling tidak di Indonesia, saat ini jumlah generasi millennial di tempat kerja mencapai hampir 50% dari total pekerja yang aktif. Dapat dipastikan membawa pengaruh yang cukup besar bagi perusahaan.

Perusahaan perlu memahami dengan baik karakteristik generasi milenial untuk memaksimalkan manfaatnya bagi mereka dan bagi perusahaan itu sendiri.  Berikut iciri-ciri generasi milenial yang disarikan dari berbagai sumber

  1. Generasi millennial sangat suka memimpin dan bertindak
  2. Generasi millennial tidak atau kurang peduli dengan hierarki dalam pekerjaan
  3. Generasi millennial menyukai tantangan
  4. Generasi millennial lebih suka bekerja keras dan berpikiran positif
  5. Generasi millennial berkaitan erat dengan lingkungan kerja yang akan memberikan rasa nyaman dan menyenangkan.

Dengan memahami karakteristik di atas, maka Anda dapat mengatur ulang mindset Anda. Misal,  jika sebelumnya Anda dididik oleh atasan Anda untuk patuh pada instruksi tanpa banyak bertanya, maka cara ini sudah tidak tepat.

Generasi Milenial suka memimpin dan bertindak.  Maka, pendekatan yang lebih tepat adalah ajak mereka berdialog dan tanyakan pendapat mereka tentang suatu hal.  Mungkin Anda akan menemukan kejutan dan solusi yang lebih inovatif untuk mengatasi masalah.

Demikian salah satu cara untuk memahami generasi milenial. Semakin Anda melihat dari sisi yang lebih optimis akan semakin besar peluang untuk memberdayakan potensi generasi milenial ini.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.