Awas, Jangan Sampai Terjebak dengan Jawaban Anda Sendiri dalam Wawancara Kerja

oleh | 24 January 2020 | 0 Komentar

Pernah mendapat panggilan untuk wawancara kerja? atau Anda sudah pernah diwawancara namun hasilnya gagal? Setiap perusahaan pasti akan menyeleksi calon karyawannya dengan melakukan serangkaian proses, salah satunya adalah dengan wawancara kerja. Wawancara kerja  merupakan salah satu tahap yang sangat menentukan untuk masuk ke dalam perusahaan impian. Salah-salah menjawab, malah bisa gagal dan  tidak dipanggil lagi untuk melanjutkan tahap selanjutnya. Namun, seringkali kita menemukan pertanyaan-pertanyaan yang jika salah menjawab kita bisa terjebak dengan jawaban kita sendiri. selama wawancara berlangsung. Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat membuat Anda terjebak dalam menjawab wawancara kerja.

Penggambaran Tentang Diri Sendiri

Setiap sesi wawancara pasti akan ada sebuah pertanyaan yang menggambarkan tentang bagaimana diri Anda. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan tahu bagaimana karakter Anda, yang akan dicocokkan dengan posisi kerja yang dilamar.

Kebanyakan akan menjawab dengan jawaban yang sangat detail, sehingga sesuatu yang sangat privasi malah jadi diceritakan dan terjebak dalam jawabannya sendiri.

Alasan Melamar Pekerjaan

Pihak HRD akan menanyakan alasan Anda masuk perusahaan tersebut. Hati-hati dengan jawaban Anda, karena sebagian orang menjawab karena gaji yang tinggi. Pertanyaan ini merupakan satu dari sekian pertanyaan jebakan yang membuat banyak orang gagal.

Ada baiknya Anda menjawab yang lebih simpel, misal untuk mengembangkan potensi dan bakat yang Anda miliki karena posisi tersebut sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Profile Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Seringkali dalam setiap sesi wawancara, pihak HRD akan menanyakan tentang profil perusahaan dan juga detail posisi yang Anda lamar. Siapkan diri Anda menjawab pertanyaan tersebut, jangan sampai terlihat tidak menguasai profil perusahaan yang dilamar.

Pahami juga posisi yang Anda minati sehingga Anda dipandang layak diterima perusahaan tersebut.

Pengalaman Kerja

Akan ada sesi tanya jawab yang menanyakan tentang pengalaman bekerja Anda. Seringkali seseorang terjebak dalam pertanyaan ini, ada yang menjawab dengan besar kepala menunjukkan bahwa memiliki pengalaman kerja yang banyak, namun pada akhirnya tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang dibuat oleh pewawancara.

Alasan Berhenti Kerja

Seorang pelamar kerja yang memiliki pengalaman pasti akan ditanya alasan berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya. Usahakan untuk menjawabnya pertanyaan tersebut secara profesional dengan alasan Anda ingin mencari karir yang jauh lebih baik. Jangan singgung masalah konflik yang pernah Anda hadapi di perusahaan sebelumnya.

Saat memulai wawancara jawablah semua pertanyaaan dengan benar dan pastikan Anda sangat yakin bahwa jawaban yang Anda berikan itu benar. Jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan yang Anda inginkan maka jangan ragu untuk memberitahukan kepada mereka bahwa Anda  menginginkan kerja di tempat tersebut dan bersedia bekerja dengan kemampuan terbaik Anda untuk perusahaan tersebut.

Nah, sekarang Anda setuju dong jika proses interview ini sebenarnya tidak menyeramkan jika sudah memiliki taktik dalam menjawab pertanyaan, bukan?

 

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.