Empat Hal Yang Wajib Dipahami Saat Wawancara Kerja

oleh | 17 January 2020 | 0 Komentar

Ketika menerima pemberitahuan bahwa anda mendapatkan kesempatan untuk wawancara kerja, merupakan sebuah momen yang membahagiakan. Namun, kita harus hati-hati ketika sedang wawancara di sebuah perusahaan. Tahapan wawancara sangat menentukan pencari kerja karena langsung berhadapan dengan pemberi kerja. Kadang malah berhadapan langsung dengan calon atasan. Sampai saat ini wawancara kerja masih dipandang sebagai salah satu proses yang paling penting dalam mengevaluasi calon karyawan potensial.  Tahapan ini juga sangat krusial karena memperlihatkan siapa kita dan seberapa fit kita sebagai karyawan. Untuk itu, penting mempersiapkan diri sebaik-baiknya menjelang hari wawancara. Jangan sampai membuat kesalahan ataupun gagal mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ini tips menghadapi wawancara kerja yang bisa dijadikan persiapan diri.

Pelajari Profile  Perusahaan

Selain menyiapkan diri sendiri, baik dari sisi kemampuan, kekuatan diri, dan kepribadian. Anda juga harus paham tentang perusahaan yang Anda lamar. Pelajari tentang profil perusahaan, poin ini sangat penting dan bisa menjadi nilai tambah untuk diri Anda.

Penampilan yang Maksimal

Untuk Anda yang baru pertama kali mendapatkan tawaran wawancara kerja, ada baiknya untuk tidak mengenyampingkan penampilan diri. Salah satu poin yang dinilai subyektif dalam setiap wawancara adalah penampilan Anda. Mengapa? Karena hal pertama yang dlihat langsung pewawancara adalah penampilan Anda. Apalagi bila bertemu dengan pewawancara yang menjaga penampilan, maka penampilan Anda akan menjadi impresi penting untuknya memberi penilaian. Membuat diri serapi dan menarik  bisa mendapatkan nilai dari pihak perusahaan.

Pakailah baju yang sopan dan serapi mungkin, kenaka sepatu yang bersih dan rapikan rambut. Bila perlu pakailah sedikit parfum agar terhindar dari bau badan yang tidak sedap.

Ceritakan Tentang Diri Anda

Setiap pewawancara pasti akan melontarkan pertanyaan tentang diri Anda. Jadikan momen pertanyaan tersebut menjadi kesempatan anda untuk unjuk diri, namun tidak sombong atau terkesan pamer.

Anda bisa bercerita tentang latar pendidikan, dan kemampuan yang dimiliki. Jangan sampai bercerita yang lain tidak sesuai dengan topik pekerjaan. Jaga nada bicara sopan, dan tunjukkan rasa percaya diri anda.

Kontak Mata

Saat berbicara dengan seseorang, sangat baik jika kita melakukan kontak mata. Hal tersebut membuat lawan bicara merasa dihargai. Tunjukkan rasa percaya diri saat berhadapan dengan pewawancara Anda.

Wawancara kerja adalah proses yang sangat penting untuk mendapatkan posisi di perusahaan yang Anda inginkan. Buatlah penampilan wawancara kerja yang terbaik sehingga Anda dapat diterima oleh bekerja di perusahaan tersebut.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.