Tiga Tips Praktis Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

oleh | 10 January 2020 | 0 Komentar

Wawancara kerja adalah tahapan yang harus dilalui oleh Anda yang sedang melamar pekerjaan. Umumnya tes yang harus Anda lewati adalah tes administratif (menyerahkan cv, lamaran dan dokumen penting lainnya), kemudian tes tertulis dan barulah tes wawancara.
Wawancara kerja bisa dilakukan oleh bagian HRD atau pun langsung dengan atasan. Hal ini berbeda pada masing-masing perusahaan. Hal penting yang perlu Anda pikirkan bukanlah siapa yang akan Anda hadapi saat wawancara, tetapi apa saja yang harus Anda lakukan saat menghadapi tes wawancara.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi wawancara atau interview kerja di sebuah perusahaan :

1. Gambarkan diri Anda dengan baik. Jika pewawancara meminta Anda menggambarkan diri sendiri, maka berhati-hatilah dalam menjawab. Karena penggambaran diri akan menjadi aspek untuk melihat karakter dasar Anda. Usahakan untuk menggambarkan diri dengan 3 kata positif dan yang bersangkutan dengan nilai-nilai perusahaan. Misalnya, berkomitmen tinggi, jujur, disiplin dan lain sebagainya.

2. Pertanyaan penting lainnya adalah mengenai pengetahuan Anda tentang perusahaan yang akan Anda masuki. Anda sudah harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang akan Anda masuki, terutama visi dan misi dari perusahaan. Sehingga saat ditanya mengenai apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, Anda dapat menjawabnya dengan baik.

3. Pertanyaan mengapa Anda tertarik masuk dan bergabung di perusahaan, juga harus Anda jawab dengan baik pada saat wawancara kerja. Hindari jawaban remeh seperti gaji yang lebih tinggi, karena lebih nyaman dari pada perusahaan yang dulu dan sebagainya. Jawablah dengan hal positif, seperti Anda ingin dapat menyalurkan bakat karena posisi dan perusahaan tersebut sesuai dengan bakat, minat dan latar belakang pendidikan Anda.

Beberapa pertanyaan tersebut hanya contoh yang sering ditanyakan ketika wawancara, masih banyak pertanyaan lain yang akan Anda dapatkan saat wawancara. Seperti rencana masa depan Anda, berapa gaji yang Anda inginkan, pertanyaan tentang pendapat-pendapat Anda seputar dunia kerja, mengetahui mengenai gambaran pekerjaan yang dilamar dan lain sebagainya.

Semua pertanyaan harus Anda jawab tanpa ragu, tegas dan tepat. Sebaiknya persiapkan beberapa hal yang sering ditanyakan dalam wawancara. Berlatihlah menjawabnya dengan jawaban-jawaban positif yang akan membuat pewawancara terkesan dan tertarik pada Anda.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan penampilan, etika dan sikap pada saat wawancara berlangsung. Wawancara kerja mungkin akan sedikit membuat Anda tegang, tapi persiapan yang baik tentu akan membantu Anda dalam mengurangi rasa tegang yang Anda rasakan.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.