Bagaimana Tips Memulai Profesi Career Coach Bagi Pemula

oleh | 16 September 2019 | 0 Komentar

Salah satu profesi yang sering ditanyakan oleh masyarakat adalah career coach. Menjadi seorang coach membutuhkan banyak hal yang harus diperhatikan agar mampu menjadi seorang coach yang profesional. Apabila anda ingin memulai karir di bidang career coaching, ada beberapa tips dibawah ini yang bisa digunakan.

Menjadi coach memang tidak semudah apa yang ada di bayangan Anda apalagi bila tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan. Oleh sebab itulah, untuk menjawab segala pertanyaan Anda, langsung saja simak beberapa ulasan dibawah ini.

Anda harus mempunyai skill coaching

Salah satu syarat yang wajib dipenuhi jika ingin menjadi seorang coach adalah harus mempunyai skill coaching. Tanpa itu tentu tidak akan bisa menjadi seorang coach yang profesional. Ikuti beberapa program training yang dikhususkan untuk coaching.  Saat ini, banyak pelatihan menjadi seorang coach melalui pendidikan non-formal yang biasanya diadakan oleh lembaga-lembaga professional dalam dan luar negeri. Yang terpenting disini adalah menemukan tempat pelatihan yang sudah terpercaya dan profesional.

Meningkatkan jam terbang

Kualitas career coach yang berikutnya adalah Anda sudah mempunyai jam kerja yang tinggi. Apabila ingin menjadi seorang coach yang professional, maka Anda diharuskan untuk mempunyai jam praktek yang lebih banyak. Ini adalah salah satu standar yang digunakan untuk menilai bagaimana kualitas seorang coach baik secara nasional ataupun internasional. Mulai dengan memberikan pro bono coaching atau coaching gratis kepada orang-orang yang Anda kenal atau yang ingin dicoaching. Selain, melatih kemampuan dan keahlian coaching, ini juga akan menambah jam terbang Anda sedikit demi sedikit.

Apabila Anda sudah mempunyai jam terbang kurang lebih 100 jam dan coach mentoring dari seorang coach senior sebanyak kurang lebih 10 jam, maka Anda berkesempatan untuk mendapatkan sertifikasi coach dari ICF. Jam terbang yang Anda miliki juga akan menunjukkan sejauhmana level kemampuan coaching Anda.

Mendaftarkan diri pada sertifikasi profesi

Jika Anda sudah mempunyai skill coaching dan jam terbang yang tinggi maka langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan diri untuk mendapatkan sertifikasi profesi. Dapatkan sertifikasi resmi tersebut melalui lembaga yang terkait seperti yang berasal dari badan nasional sertifikasi profesi.

Keberadaan sertifikat ini sangat penting untuk menunjukkan kredibilitas, kapabilitas, daya jual, dan tingkat profesionalisme yang Anda miliki. Apabila Anda sudah mendapatkan sertifikat tersebut, maka akan semakin besar peluang Anda untuk sukses di bidang ini. Sertifikasi menunjukkan kapabilitas bahwa Anda mampu berperan sebagai coach.

Demikian hal-hal penting yang harus anda pahami untuk memulai karir dalam dunia coach. Tak hanya itu, poin-poin di atas juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menetapkan bagaimana kualitas career coach.

 

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.