Pentingnya Menjalani Transisi Karir Dengan Cerdas

oleh | 8 June 2018 | 0 Komentar

Perkembangan karir yang lebih baik tentu menjadi keinginan bagi siapapun yang bekerja profesional di bidang-bidang tertentu. Peningkatan dalam karir dapat berupa bertambahnya gaji ataupun jabatan yang lebih tinggi. Untuk memperoleh keduanya; seringkali dibutuhkan usaha yang serius.

Perkembangan karir terkadang baru dapat diperoleh dengan melakukan terobosan. Baik itu keberanian untuk mencoba hal baru di tempat kerja ataupun keberanian untuk di pindah ke perusahaan baru. Terjebak di sebuah pekerjaan pada suatu perusahaan merupakan perasaan yang lazim dialami. Jalan yang dirasa buntu tersebut dapat menjadi sebuah motivasi untuk menemukan jalan lain dan berkembang. Menjalani transisi karir terkadang menjadi sebuah keharusan untuk dapat berkembang secara profesional.

 

Beberapa Hal Penting Dalam Menghadapi Transisi Karir

Keadaan yang dirasa seperti jalan buntu dan perasaan terjebak di sebuah pekerjaan pada suatu perusahaan merupakan sesuatu yang lazim dialami. Sebelum memutuskan untuk bergerak untuk mencoba sesuatu yang baru; ada baiknya untuk memiliki pertimbangan yang serius terkait keputusan tersebut. Langkah yang diperhitungkan dan dipersiapkan dengan baik dapat menjadi awal terbaik untuk memperoleh perkembangan karir baik di tempat baru ataupun di tempat bekerja yang kini dijalani.

Salah satu hal terpenting sebelum membuat keputusan adalah mengetahui apa yang akan dilakukan. Banyak orang mengalami situasi tidak tahu apa yang diinginkan; tetapi tahu hal-hal yang tidak diinginkan. Kondisi tersebut sering kali muncul ketika terlalu lama menanti perkembangan dalam karir; namun tidak kunjung terwujud. Mulai memikirkan alternatif yang akan dilakukan demi perkembangan karir merupakan langkah yang paling bijaksana. Baik itu mencari cara untuk memperbesar peluang mendapat promosi; ataupun pindah ke perusahaan baru demi mengejar karir yang lebih baik lagi.

Memutuskan pindah tanpa tahu apa yang diinginkan dan tidak memiliki rencana yang jelas justru akan menimbulkan masalah baru. Sedangkan berkecil hati ketika merasa terjebak dalam jalan buntu di sebuah posisi pada sebuah pekerjaan dapat membuat seseorang merasa tidak akan ada peluang di tempat lain. Mengetahui apa yang diinginkan bisa sangat berdampak pada keberhasilan mendapatkan pekerjaan yang baru. Jika Anda tidak tahu caranya, coba datang ke ahlinya, seorang career coach akan sangat membantu Anda untuk menemani proses transisi karir tersebut. Seseorang yang tahu apa yang diinginkan dan tahu bagaimana mewujudkannya akan menumbuhkan determinasi untuk meraihnya, serta memiliki peluang lebih besar mendapatkan kesuksesan.

Pada saat ini ada banyak pilihan profesi; baik itu bekerja untuk orang lain ataupun bekerja sendiri. Bahkan ada cukup banyak orang yang menjalani lebih dari satu profesi. Berganti pekerjaan dapat menjadi sebuah keputusan konstruktif jika dibuat dengan penuh perhitungan. Memperhitungkan kebutuhan materi berdasar kebutuhan hidup yang ingin dijalani dapat menjadi awal untuk tahu standar kebutuhan untuk hidup yang diinginkan. Setelah itu; baru menetapkan tujuan untuk beranjak dari pekerjaan lama menuju pilihan pekerjaan yang baru melalui transisi karir yang direncanakan dengan baik.

 

Manfaat Menjalani Pindah Kerja Demi Karir Yang Lebih Baik

Keputusan keluar dari perusahaan untuk mencari pekerjaan yang memiliki prospek lebih baik bisa menjadi sebuah keputusan penting yang berpengaruh dalam meraih sukses kehidupan. Menjalani pekerjaan transisi yang dilakukan sementara setelah keluar dari pekerjaan lama dan sebelum mendapat pekerjaan baru merupakan sebuah alternatif yang baik. Pekerjaan sementara yang dijalani pada transisi karir dapat memberi kesempatan untuk berpikir mengenai rencana ke depan atau mencari pekerjaan dengan prospek yang lebih baik daripada pekerjaan yang ditinggalkan.

Pekerjaan sementara juga dapat menjadi cara menyegarkan pikiran sekaligus mempersiapkan rencana terkait pilihan pekerjaan baru. Hanya saja situasi tersebut juga dapat memberi masalah baru jika tidak segera menemukan dan mewujudkan rencana terkait pekerjaan baru. Seseorang yang sama sekali belum memiliki rencana ke depan untuk jenjang atau pilihan karir baru justru dapat terjebak pada pekerjaan sementara dalam jangka waktu lama.

Menjaga hubungan baik dengan orang-orang di bidang karir yang ingin ditekuni sangat dianjurkan selama menjalani transisi karir usai keluar dari pekerjaan lama. Langkah tersebut dapat memberi informasi terkini sekaligus inspirasi mengenai apa saja yang dapat dilakukan demi mengejar karir yang diinginkan. Memiliki dan membangun visi jangka panjang menjadi bagian penting yang harus dilakukan pada fase ini.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2019 Konsultan Karir. All rights reserved.