Pelamar Kerja di Milenium Baru? Carilah Kandidat Ini

oleh | 1 December 2008 | 0 Komentar

Saat ini dunia kerja sudah berubah secara drastis. Dunia sudah masuk ke milenium baru. Internet telah mengubah dunia menjadi personal dan berorientasi pada orang. Hal ini semakin menjadikan perusahaan perlu menemukan cara-cara baru untuk meng-hire pegawai.

Pegawai seperti apakah yang perlu Anda pertimbangkan untuk Anda terima di perusahaan Anda?

Inilah beberapa kriteria yang perlu Anda pertimbangkan untuk calon pegawai Anda:

  • Seorang yang mengikuti perkembangan dunia, memiliki resume yang unik. Resume yang dibuatnya tidak lagi mengikuti cara-cara lama, tetapi mengalir seperti tulisan seorang manusia kepada dirinya sendiri.
  • Calon pegawai tersebut memiliki jejaring online yang terkelola dengan baik. Entah profil di LinkedIn atau Facebook. Anda bisa mencari tahu ini melalui wawancara. Jejaring ini memungkinkannya untuk berhubungan dengan dunia luar dan membangun relationship. Dan tentunya digunakan dengan baik, tidak disalahgunakan untuk kepentingannya sendiri.
  • Ia juga seorang yang memiliki inisiatif. Artinya ia duluan yang menghubungi Anda, karena ketertarikannya terhadap perusahaan Anda, bukan hanya karena membaca lowongan kerja yang Anda pasang. Ia telah melakukan riset dan memiliki informasi yang menarik tentang hal-hal yang ingin Anda ketahui, termasuk kompetitor Anda. Internet membuat dunia semakin terbuka luas dan informasi melimpah ruah. Hanya orang yang memiliki inisiatif yang bisa memanfaatkannya dengan baik.
  • Ia mampu ‘menjual’ dirinya dengan baik. Ia tahu menggunakan peluang secara tepat dan berupaya untuk mempresentasikan dirinya melalui kisah yang menarik namun ringkas.
  • Ia memiliki tokoh panutan. Seorang tokoh publik yang menjadi role model dalam menjalani karirnya. Dan ia mampu menjelaskan dengan spesifik apa yang dikaguminya dari tokoh tersebut.
  • Memiliki sikap terbuka terhadap segala hal dan rasa ingin tahu yang tinggi. Disini berarti ia mampu bersikap adaptif dan fleksibel terhadap berbagai perubahan yang ada.

Inilah enam kriteria yang bisa Anda pertimbangkan dari calon pegawai Anda, namun demikian masih banyak faktor lain yang juga berperan. Yang perlu Anda lakukan di era internet ini adalah buka mata, telinga, dan pikiran untuk menemukan calon pegawai dengan talent potensial.

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2020 Konsultan Karir. All rights reserved.